Selasa, 20 Maret 2012

Ban kerempeng

Daripada ikut-ikutan make nama ban cacing, aku make istilah ban kerempeng. Lha kalo pake istilah ban cacing kesannya jijik.
Okeh, aku akan bahas sisi lain dari ban cacing (halah) maksudku ban kerempeng.
<!--more-->
Ban dibuat dg standar berat yg telah ditentukan. Ban bawaan, misal bawaan satria (mengapa satria, karena motor ini paling banyak diberi ban kerempeng) diberi ban ukuran 2.50-17 dan 2.75-17 (biar mudah mengingatnya). Nah ban tersebut mampu menahan beban sampai 200kg sudah termasuk beban motor biar mudah taruhlah angka 100kg, jadi sisa beban yg mampu dibawa lg 100kg. Jadi kalo berat badanmu 160kg, ya siapin aja duit lebih untuk mengganti ban.
Begitu juga dg ban kerempeng, ban ini hanya mampu menahan beban yg kecil, jika sebelumnya (standar) mampu 200kg sekarang kalo dipakein ban kerempeng (taruhlah 2.00-17 dan 2.25-17) otomatis beban yg mesti dibawa cuma separuhnya.
Akibatnya ban jadi cepat rusak, mudah pecah, cepat aus alurnya dan gampang botak. Itu ban luarnya belum ban dalamnya lho.
Lha kalo ban dalamnya yg gampang rusak sambungan ban (tau gak letaknya? ntar di postingan selanjutnya), cop pentil lepas, mudah pecah, dan gampang bocor.
Jika memakai ban standar bisa awet (misal) 2 tahun harganya 200ribu ban luar dalam sedang ban kerempeng 150ribu hanya bertahan 1 tahun, jadi sebenernya pake ban kerempeng sama dengan pemborosan! Selain itu juga gak aman dipake di kecepatan tinggi, rendah, dan menengah. Apapun alasannya tetep kagak aman.

BAN KEREMPENG? BOROS DAN MEMATIKAN!!!

Pict dari triatmono.wordpress.com suwun mas tri

Tidak ada komentar: