Selasa, 16 Desember 2008

Kondom dan HIV

Saat ini sudah begitu banyak orang yg terjangkit HIV, penularannya pun beragam mulai lewat jarum suntik, tranfusi darah, bahkan lewat hubungan intim.
Pada awalnya kita sebagai orang awam menyebutnya penyakit kelamin dan pasti yang ada di pikiran kita mereka (ODHA) orang tak baik, tapi dengan berjalannya waktu anggapan itu mulai memudar.
Ada beragam cara untuk mencegah menularnya HIV
-menggunakan jarum suntik yang sekali pake, hal ini memperkecil kemungkinan tertularnya HIV, tetapi penggunaan jarum suntik ini sebaiknya dibawah pengawasan dokter.
-setia kepada pasangan (tidak selingkuh), ada yang bilang 'boleh selingkuh asal memakai kondom', ini adalah anggapan yang keliru, jaringan penyusun kondom (material) memiliki kerapatan yang cukup besar untuk dapat dilalui oleh sperma, makanya kadang ada yang bilang 'aku sudah memakai kondom tetapi dia kok tetap bisa hamil?', dan karena sperma yang berukuran mikro saja bisa 'lolos' apalagi HIV yang memiliki ukuran lebih kecil daripada sperma, coba anda bayangkan!
-peliharalah iman anda,
Tetapi bagi kita tidak perlu untuk memjauhi orang yg telah terjangkit, mereka juga manusia yang perlu dukungan kita, jadi jauhi virusnya BUKAN orangnya,,,

Tidak ada komentar: